BELAJAR YANG EFISIEN DAN EFEKTIF

Bagi kebanyakan pelajar belajar adalah hal yang tidak mudah. Padahal belajar adalah kewajiban bagi setiap orang. Sebab ilmu yang kita dapatkan berasal dari hasil belajar yang kita lakukan. Belajar juga menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap, pendidikan moral dan keterampilan. Namun juga banyak pelajar dengan mudah belajar dan mendapatkan ilmu. Sebab mereka belajar secara efisien dan efektif. Cara belajar yang menyenangkan pun menjadi pokok utama sehingga merasa nyaman saat melakukannya. Akibatnya materi-materi yang kita pelajari pun menjadi mudah di serap ke otak dan dipahami secara konsep. Setiap orang pun mempunyai teknik-teknik tersendiri agar tidak malas belajar. Dan setiap orang, pasti punya cara belajar yang nyaman dan menjadi favoritnya masing-masing.

BELAJAR YANG EFISIEN DAN EFEKTIF

Beberapa Cara Belajar Yang Menyenangkan

Malasnya belajar merupakan persoalan utama dalam melakukan sebuah pembelajaran. Sebagian pelajar tidak belajar sebelum melakukan tes atau ujian. Dikarenakan materi yang mereka dapatkan sulit untuk dipahami konsepnya. Banyak orang yang ingin nilainya ujiannya bagus tetapi malas belajar. Tetapi saat nilai ujiannya sudah keluar, kecewa dengan hasilnya dan merasa menyesal karena tidak belajar. Akhirnya malas pun menjadi sebuah kebiasaan dan juga tidak ada motivasi lagi untuk melakukan pembelajaran. Inilah beberapa cara yang bisa anda gunakan agar belajar anda efisien dan efektif:

  1. Belajar bersama

Metode ini biasanya sangat efektif untuk pelajar yang mempunyai banyak teman-teman. Sebab suasana belajar menjadi menyenangkan dan tidak sia-sia. Apalagi ketika anda mempunyai teman yang pintar dan rajin. Itu akan sangat menguntungkan bagi anda seorang pelajar. Karena teman anda yang pintar akan mengajari anda materi dengan mudah dan mungkin mengajari cara-cara cepat agar dapat dipahami dan dimengerti.

  1. Buat suasana belajar yang nyaman

Kedua, kesulitan belajar membuat pelajar menjadi malas untuk melakukannya. Apalagi suasana dan tempat yang monoton dan membosankan. Untuk itu membangun suasana belajar yang nyaman adalah hal penting yang bisa anda lakukan. Seperti anda bisa mengubah tempat belajar yang biasanya di kamar menjadi di taman atau di pinggir danau dan tempat-tempat nyaman lainnya yang bisa anda gunakan.

  1. Mengerti bukan menghafal

Biasanya seorang pelajar sebelum melakukan ujian akan belajar dengan giat. Nah, belajarnya pun dengan cara menghafal. Hal ini sangat kurang efisien untuk sebuah pembelajaran. Sebab menghafal tidaklah cukup untuk memahami sebuah materi. Maka dari itu, sangat disarankan untuk pindah ke metode mengerti dan memahami materi.

  1. Merangkum materi pembelajaran

Mungkin ketika anda mempelajari sebuah materi terkadang lupa. Maka dari itu, sebaiknya anda sebagai pelajar mencatat mana materi yang penting untuk anda rangkum. Karena cara ini sangat efektif agar ketika anda sudah lupa anda bisa membuka dan membaca kembali catatan yang anda rangkum.

  1. Tentukan tujuanmu belajar

Selama ini apakah anda bertanya-tanya tujuan apa kita untuk belajar. Ketika kita mencita-citakan sesuatu bukankah kita harus belajar terlebih dahulu agar cita-cita tersebut tercapai. Ini dapat memotivasi anda dan membuat kegiatan belajar menjadi lancar dan lebih fokus. Menuntut ilmu sangatlah penting untuk masa ke depan nya.

Nah, itulah beberapa cara belajar yang efisien dan efektif. Yang mungkin bisa anda terapkan bagi anda yang sulit memahami materi atau melakukan sebuah pembelajaran. Menuntut ilmu sangatlah penting bagi seorang pelajar sebab kita tidak tahu masa depan akan seperti apa.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *