CARA MEMILIH SAYURAN YANG SEGAR

CARA MEMILIH SAYURAN YANG SEGAR

Siapa disini yang suka memasak? Pastinya kebanyakan kaum wanita ya. Nah sebelum memasak biasanya kita harus berbelanja bahan-bahanya terlebih dahulu. Nah untuk mendapat makanan yang memiliki rasa enak. Kita harus pandai dalam memilih bahan masakan. Terutama jika kita akan memasak sayur. Kita harus benar-benar cermat memperhatikan dalam memilih sayuran yang segar agar kualitas masakan terjamin dan rasanya juga enak. Karena tentunya kualitas dari sayur dapat mempengaruhi cita rasa dari sebuah masakan. Jika kita menggunakan sayur yang layu pasti masakan yang dibuat nantinya akan terasa kurang sedap. Nah untuk itu bagi kalian di sini yang belum bisa memilih sayuran yang segar. Saya akan membagi beberapa tipsnya untuk kalian.

  • Pilih warna sayuran yang masih hijau dan tidak layu

Untuk memilih sayuran yang masih bagus kalian harus memperhatikan warna dari sayuran tersebut. Pilihlah sayuran dengan warna yang masih segar tidak layu dan juga tidak kusam. Untuk sayur berdaun hijau kalian bisa memilih sayur tersebut dengan warna hijau tua. Jangan yang kekuningan. Jangan lupa juga untuk melihat ada tidaknya bercak putih dari sayuran tersebut. Karena bercak putih tersebut adalah sisa pestisida yang mengering. Dan tentunya jika termakan oleh kita akan menyebabkan dampak buruk untuk kesehatan. Nah untuk menghilangkan pestisida itu kalian bisa mencucinya sebanyak 3x dan rendam dalam air garam lalu cuci lagi.

  • Sayur yang di makan ulat malah baik

Apakah kalian tahu bahwa sayuran yang dimakan ulat dapat menjadi tanda bahwa sayuran itu layak dikonsumsi. Mengapa demikian?  Karena sayur yang dimakan ulat menandakan bahwa sayuran tersebut tidak mengandung zat pestisida yang berlebihan.  Ulat tidak akan memakan sayuran yang mengandung banyak pestisida.  Maka dari itu kalian bisa memilih sayuran yang termakan ulat sedikit. Namun hal ini  tidak berlaku pada jenis bebijian buah dan umbi-umbian. Karena jika daging dalam umbi tersebut di makan ulat akan menyebabkan daging umbi tersebut terkontaminasi oleh kuman. 

  • Pilih sayur yang tidak keriput

Ini berlaku ketika kalian memilih sayur berjenis umbi-umbian seperti kentang, wortel, dan lainnya. Jangan sesekali kalian memilih sayuran tersebut dalam kondisi keriput, berlubang, bertunas atau lembek. Karena sayuran yang lembek biasanya telah busuk.

  • Berbelanjalah pada waktu pagi hari

Jika anda pergi ke pasar maka datanglah lebih awal. Karena jika kalian datang lebih awal anda bisa mendapatkan kualitas sayur yang segar dan memilihnya secara bebas.  Sayuran yang di sediakan di sana pun masih lengkap dan belum tersentuh oleh banyak orang.

  • Berbelanja sayur pada petaninya langsung

Dengan bebelanja sayur dengan petaninya secara langsung kalian dapat di pastikan sayuran yang anda beli masih segar damn mempunyai kualitas yang baik. Karena patinya mereka akan menjual sayuran yang baru saja di panen.

  • Pilih sayur yang tidak dingin

Hindari pemilihan sayur yang dingin. Karena sayur yang dingin kemungkinan besar adalah sayur sisa hasil dagangan yang belum terjual pada penjualan sebelumnya. Biasanya penjual yang tidak berhasil menjual sayurnya hari ini kanan menyimpan sayuran di dalam lemari pendingin dan menjualnya di hari selanjutnya.

Itulah beberapa tips yang dapat kalian gunakan untuk memilih sayur berkualitas baik dan tentunya segar. Dan sebaiknya kalian berbelanja sayur di pasar tradisional karena kualitas dan kesegaran masih benar-benar fresh.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *