CARA MENGHILANGKAN OVERTHINGKING

Setiap orang memiliki masalahnya masing-masing. Masalah yang dihadapinya pun beragam mulai dari masalah kecil, masalah besar dan mungkin masalah yang beruntun. Masalah biasanya berhubungan dengan apa yang kita pikirkan tentang masalah pasangan, orang tua maupun dengan orang lain. Banyaknya masalah membuat orang-orang menjadi overthinking. Overthinking adalah perilaku memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Hal ini dipicu karena adanya kekhawatiran dengan suatu hal. Seseorang yang selalu overthinking membuat dampak yang buruk bagi anda. Dampak tersebut seperti stres, insomnia, dan mempengaruhi kesehatan mental. Ini membuat anda menjadi mudah berputus asa dan tidak dapat berpikir cermat. Overthinking disebabkan hanya karena memikirkan hal-hal yang sepele secara berlebih.

Beberapa Cara Cermat Untuk Menghentikan Overthinking

Overthinking kerap kali muncul saat kita memikirkan hal yang tidak membuat kita nyaman. Ini berupa masalah dengan orang lain atau kejadian masa lalu yang terus teringat dan mengganjal. Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang berusia 45 sampai 50 tahun mengalami overthinking. Demikian pula dengan orang yang berusia 25 hingga 35 tahun terjadi masalah yang sama. Ini merupakan sebuah pokok penting untuk diri kita sendiri. Memikirkan hal-hal yang tidak perlu secara berlebihan sangatlah tidak baik untuk kesehatan. maka dari itu, kita harus selalu berpikir positif dan melakukan hal-hal yang menurut kita baik. Juga menjauh hal-hal yang dapat merugikan kita seperti mendapatkan masalah. Inilah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menghentikan overthinking:

  1. Fokus terhadap pemecahan masalah

Saat menghadapi masalah, berpikirlah bahwa setiap masalah mesti ada solusinya. Solusi yang bisa anda gunakan adalah melupakan peristiwa-peristiwa dalam pikiran secara berulang atau mengkhawatirkan yang tidak dapat anda kendalikan. Mulailah berpikir positif dan jangan terus menyesali mengapa sesuatu dapat terjadi, tetapi lebih fokus tentang apa yang kita bisa perbaiki.

  1. Berlatih mindfulness

Mindfulness adalah keadaan pikiran yang berfokus pada pengenalan tentang apa yang kita rasakan pada saat ini. Mindfulness berarti mengenali segala pikiran, emosi, dan perasaan fisik apapun. Ini bermanfaat agar merasa terhubung dengan diri sendiri, kesadaran emosi yang lebih besar tentang diri sendiri, pemahaman yang lebih baik tentang emosi diri dan mengurangkan stress.

  1. Hadapi pikiran negatif sebelum memburuk

Pin terakhir adalah poin yang paling penting. Sebab anda harus belajar mengendalikan pikiran anda sendiri. Berpikirlah lah secara jernih dan positif yang bisa anda gunakan. Kendalikan diri agar tidak terlarut dalam pikiran yang negatif. Jika anda tidak bisa, sebaiknya anda berhenti melakukannya.

  1. Jadwalkan waktu refleksi

Jika anda terus kepikiran masalah-masalah yang anda alami, luangkan kah waktu untuk hal tersebut. Sebab itu berguna untuk bisa lebih fokus pada bagaimana memperbaikinya. Luangkanlah waktu anda sekitar 20 hingga 30 menit untuk merefleksikan diri. Ini tentunya membuat pikiran anda menjadi lebih fresh dan nyaman.

  1. Mencari distraksi

Distraksi merupakan metode mengalihkan perhatian ke hal lain yang menyenangkan. Contohnya dengan kegiatan yang anda senangi seperti menonton tv, mendengarkan musik, membaca, melukis dan lain-lain. Ini mampu mengurangi kecemasan dan stress.

Nah, itulah beberapa cara menghentikan overthinking. Mungkin juga dapat membantu anda yang sedang mengalami depresi. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang positif yang bisa membuat anda senang dan nyaman. Jauhkanlah pikiran anda dari masalah-masalah yang berat. Semoga menjadi manfaat dan pengetahuan untuk yang sedang mengalami hal-hal di atas.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *