CARA MERAWAT KUCING DENGAN BENAR

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Entah itu dari tingkah konyolnya atau dari bentuknya yang imut. Kucing banyak sekali jenisnya. Namun yang sekarang ini sedang trend  dan paling sering ditemui saat ini adalah kucing berbulu lebat. Seperti anggora dan Persia yang di pelihara di rumah-rumah. Jika kamu mempunyai kucing kamu harus berhati-hati dalam merawatnya.  Kucing sebenarnya dapat perasaanya melalui perilakunya ke kita. Seperti saat sedang marah pasti kucing akan cuek atau malah kabur dari rumah. Namun kamu tidak perlu terlalu cemas karena biasanya kucing tidak akan merah dengan lama. Sebaliknya dia menunjukkan rasa sayang kepada kita dengan menjilati, menggosokkan kepala dengan mu , menyentuh bibirmu bahkan bisa juga dengan memijit mu. Karena sama halnya manusia kucing juga memiliki jiwa perasa yang peka. Bahkan jika kita memarahinya dia bisa ngambek kepada kita. Sebaliknya jika kita menyayanginya dia akan bersikap manja kepada kita bahkan dapat melindungi kita dari bahaya.

Tips merawat kucing dengan benar

  • Memandikannya

Jangan memandikan kucing setiap hari karena akan membuatnya stress juga bisa saja malah membuatnya sakit. Namun kamu juga jangan mendiamkannya tidak mandi selama berbulan-bulan karena bakteri pada bulunya akan menyebar dan tentunya akan bau. Kamu bisa memandikannya seminggu sekali atau maksimal dua minggu sekali. Dalam memandikannya kamu harus menggunakan air hangat. Karena kucing tidak suka air dingin. Setelah memandikannya kamu harus mengeringkan bulunya sampai benar-benar kering. Karena kalau tidak kucingmu bisa masuk angin dan dapat memicu tumbuhnya jamur pada tubuhnya.

  • Jangan potong kukunya

Jika kucing kamu tidak mencari anda sebaiknya jangan potong kukunya. Karena dapat menyebabkan kucing kamu merasa sakit jika berjalan dan akhirnya stress. Karena kucing memerlukan kukunya untuk memanjat atau menangkap mangsanya.

  • Rutin bersihkan telinganya

Jika kamu memelihara kucing kamu harus membersihkan telinga kucing agar terlihat bersih. Kamu bisa membersihkannya dengan kain atau tissue. Kamu juga bisa membersihkannya dengan cotton bud tetapi dengan hati-hati. Dan yang kamu bersihkan bagian luarnya saja.

  • Memberinya makan dan minum

Jangan hanya memberi makan saja. Kamu juga harus memberinya minum, karena kucing juga perlu minum untuk memenuhi kebutuhan cairan seperti halnya manusia. Sebaiknya kamu memberikan susu dingin atau minuman dingin. Karena kebanyakan kucing tidak terlalu suka dengan minuman hangat atau makanan hangat.

  • Bersihkan kandangnya

Kamu juga harus membersihkan kandang kucing mu dengan rutin. Bahkan jika kamu menaruh pasir untuk kucing BAB kamu harus menggantinya sehari satu kali. Dengan begitu kucingmu akan merasa nyaman berada di sana.

  • Mengajaknya bermain

Terkadang kucing bisa merasa kesepian seperti halnya manusia. Maka dari itu kamu harus mengajaknya bermain saat kamu ada waktu luang. Hal itu akan membuat kucing merasa semakin nyaman dan sayang dengan kamu.

  • Kontrol kutunya

Kamu harus melihat kucing itu apakah mempunyai kutu atau tidak. Jika ya kamu harus menghilangkan kutu tersebut. Kamu bisa menggunakan obat kutu hewan yang aman untuk menghilangkannya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam merawat kucing dengan benar. Karena bukan hanya manusia yang membutuhkan perawatan dengan baik. Hewan peliharaanmu juga harus mendapatkannya. Maka jika kamu sudah memutuskan untuk memelihara kucing. Kamu harus merawatnya dengan benar dan menyayanginya. Kamu juga harus selalu memperhatikan kucingmu.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *