JENIS-JENIS GENSET UNTUK KEBUTUHAN INDUSTRI

Pentingnya keberadaan genset untuk kebutuhan listrik baik kebutuhan listrik kecil seperti rumah tangga, toko dan perkantoran dengan lingkup kecil, kebutuhan listrik sedang seperti pertokoan, mini market, ruko atau penggunaan kebutuhan besar seperti pabrik, pekerjaan proyek besar, pertokoan besar, perkantoran dengan lingkup besar. Pada kegiatan industri penggunaan genset merupakan hal yang sangat penting baik sebagai sumber lsitrik utama ataupun alternatif disaat terjadinya kerusakan listrik atau pemadaman listrik. Saat ini para pengusaha industri tidak perlu kesulitan mencari genst untuk membantu kebutuhan industrinya, karena sudah banyak tersedia jasa sewa genset industri dan pastikan tempat menyewa genset adalah rental genset berkualitas yang aman dan terpercaya.

 

Agar tidak salah memilh genset sebaiknya ketahui macam-macam jenis genset yang ada di pasaran, yaitu:

 

  1. Genset berbahan bakar diesel

Mesin Genset dengan bahan bakar diesel adalah genset yang paling sering digunakan pada saat ini. Jenis genset yang paling populer dikelasnya ini mulai dengan daya 500 watt hingga 2.000.000 watt. Dianggap populer karena banyak orang beranggapan mesin diesel merupakan salah satu jenis mesin yang mudah dalam perawatannya dan lebih hemat penggunaanya. Bahan bakar diesel juga memiliki berbagai alternatif yang terbarukan seperti energi bio diesel yang variannya semakin banyak saat ini.

 

  1. Genset Turbin

Genset turbin adalah genset dengan menggunakan penggerak turbin, turbin ini biasanya di gerakkan dengan berbagai sumber daya yang ada. Contohnya adalah tipe genset turbin air (sumber daya penggeraknya adalah air), genset turbin angin (sumber daya pengeraknya adalah angin), genset turbin uap (sumber daya penggeraknya adalah uap) dan masi banyak jenis genset turbin lainnya.

 

  1. Genset dengan bahan bakar Bensin

Mesin genset dengan bahan bakar bensin biasanya menghasilkan daya yang kecil tidak seperti genset genset diesel. Karenanya genset dengan bahan bakar bensin berbentuk portabel yang mudah untuk di bawa-bawa. Jenis genset ini lebih sering digunakamn untuk kebutuhan yang kecil seperti untuk keperluan rumah tangga, toko kecil atau kantor yang lingkupnya kecil.

 

  1. Genset Tenaga Surya

Genset Tenaga surya merupakan salah satu sebuah solusi untuk mendapatkan energi yang terbarukan karena energi surya merupakan salah satu energi yang ramah lingkungan dan tidak merugikan. Genset Tenaga Surya ini tersambung secara teknis dengan panel surya untuk menangkap energi dari surya atau panas matahari.

 

  1. Genset dengan bahan bakar gas

Mesin genset dengan bahan bakar gas ini bisa menggunakan LPG ataupun CNG sebagai pengganti alternatif bahan bakar gas yang terbarukan.

 

 

Leave a comment