Categories
Uncategorized

TIPS AND TRIK CARA MEMBUAT ADONAN KUE AGAR TIDAK BANTAT

TIPS AND TRIK CARA MEMBUAT ADONAN KUE AGAR TIDAK BANTAT

Kue merupakan makanan yang paling sering kita temui. Kue sendiri dapat berupa kue ulang tahun, kue tart, kue bolu dan masih banyak lagi. Pada umumnya cara membuat kue bukanlah sebuah hal yang sulit melainkan dapat kita lakukan di rumah kita masing masing. Bahan bahan yang digunakan untuk membuat kue sendiri cukuplah mudah untuk didapat. Dimana kita dapat memperoleh bahan bahan pembuat kue di supermarket terdekat dengan harga yang cukup terjangkau. Namun ada beberapa hal yang membuat seseorang enggan untuk membuat kue di rumah dan memilih untuk membeli atau memesan saja. Salah satunya ialah kue yang bantat dan tidak mengembang. Kue bantat dan tidak mengembang dapat dikatakan sebagai kegagalan dalam membuat kue. Hal itu dikarenakan kue pada umumnya mengembang dan mekar sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Untuk membuat kue anda tidak bantat dan mengembang dengan sempurna, anda perlu memperhatikan beberapa hal. 

Nah, di bawah ini beberapa tips and trik bagaimana cara membuat kue agar tidak bantat dan mengembang dengan sempurna:

  • Bahan yang di gunakan

Sebelum anda membuat kue lebih baiknya untuk menyiapkan beberapa bahan yang anda gunakan sebelumnya. Hal itu bertujuan untuk mempermudah anda dalam proses membuat kue anda. Pastikan sebuah bahan yang anda gunakan bersuhu ruangan. Maksudnya jangan campurkan bahan bahan yang terlalu dingin atau bahkan terlalu panas. Hal itu berpengaruh pada saat anda membuat kue bolu. Kue bolu sendiri memiliki tekstur kue yang cukup lembut dengan perpaduan bahan bahan yang sangat pas. Untuk membuat kue bolu jangan menggunakan telur yang baru keluar dari lemari es. Telur yang dingin dapat membuat adonan kue sulit mengembang dengan sempurna.

  • Proses melelehkan mentega

Tips yang kedua adalah cara melelehkan mentega. Untuk hasil kue yang tidak bantat dan mengembang secara sempurna usahakan untuk melelehkan mentega dengan api yang sangat kecil. Jangan terlalu menunggu mentega terlalu lama di atas api apabila sudah sedikit mencair pindahkan kedalam wadah yang sudah disediakan. Namun jangan masukan mentega kedalam piring karena tekstur piring dapat membuat mentega mudah dingin dan dapat membuat adonan kue anda bantat.

  • Wadah yang digunakan

Usahakan untuk menggunakan wadah yang memang benar benar bersih dan kering. Bersihkan dan keringkan terlebih dahulu wadah yang masih berair atau bahkan masih ada beberapa percikan minyak. Wadah yang masih berair biasanya dapat menyebabkan adonan kue menjadi bantat dan tidak berkembang dengan baik. Untuk itu perhatikan wadah yang anda gunakan dengan benar.

  • Cara mencampur bahan

Ketikan melihat orang membuat kue kita pasti memperhatikan cara mereka menuangkan bahan bahan kedalam adonan. Dan pasti kita mengira bahwa bahan bahan yang dituang hanya asal asalan saja sehingga sangatlah mudah. Namun anda perlu memperhatikan bahan bahan yang anda gunakan. Ada beberapa bahan yang harus dituang dengan takaran dan waktu yang tepat. Hal itu bertujuan untuk menjaga agar adonan yang kita buat dapat mengembang dengan sempurna. Cara yang tepat adalah dengan menuangkan bahan yang kita gunakan secara perlahan ke dalam satu wadah. Setelah itu gunakan spatula untuk mencampur semua bahan sebelum anda menggunakan alat lainnya seperti mixer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *